10 “Theme Song” Film James Bond Masih Dikenang

Laporan: Redaksi

Para penyanyi theme song film James Bond

Para penyanyi theme song film James Bond

JAMES BOND tak hanya film. James Bond selalu menghadirkan theme song yang luar biasa dengan artis yang luar biasa. Seri Bond boleh berubah dari waktu ke waktu, tetapi produser film itu tidak pernah berhenti meminta bintang pop yang hebat untuk menyanyikan theme song film itu.

Adele adalah bintang pop terakhir yang bernyanyi untuk theme song untuk Skyfall. Banyak theme song yang datang sebelum lagunya menjadi klasik, sementara yang lain dengan cepat dilupakan. Banyak kritikus musik berpendapat selama 50 tahun munculnya seri film Bond, sepuluh theme song film itu yang masih terus dikenang sampai sekarang seperti yang ditulis majalah musik Rolling Stone. Siapa saja mereka?

Pertama, dunia masih terus mengingat theme song yang digubah dan dinyanyikan oleh Sir Paul McCartney bersama bandnya Wing. Lagu yang dipopulerkan adalah “Live and Let Die” (1973). Film Bond menyatukan kembali McCartney dengan produser Beatles George Martin saat menyiapkan lagu “Live and Let Die” untuk film Bond dengan judul sama. McCartney memberi nuansa rock pada lagu tersebut yang masih terus enak didengar sampai sekarang. Bahkan kelompok Guns N Roses menyanyikan lagi lagu itu tahun 1991.

Theme song kedua yang masih dikenang orang adalah lagu yang dinyanyikan oleh Shirley Bassey, “Goldfinger” (1964). Saat menyanyikan lagu itu, salah satu lagunya sedang berada di puncak tangga nada Inggris. Lagu Bond itu dengan cepat menguasai tangga lagu dunia. Lagu itu dan “Diamonds are Forever” menjadi terkenal dan membuat karier Bassey melambung di luar Inggris.

Lagu Bond yang dinyanyikan oleh Carly Simon “Nobody Does It Better” (1977) masih tetap dikenal sampai sekarang. Lagu ini ditulis untuk film The Spy Who Loved Me, lagu pertama theme song Bond yang judulnya tidak sama dengan judul filmnya. Lagu itu ditulis oleh Marvin Hamlisch dan Carole Bayer Sager dan sempat menduduki tempat kedua di Top Ten. Lagu ini menjadi pencapaian penting dari Carly Simom. Bahkan, banyak orang tidak tahu lagu itu adalah theme song film Bond.

Nancy Sinatra adalah pelantun theme song film Bond yang juga populer. Ia menyanyikan lagu “You Only Live Twice” (1967). Namanya sedang melejit dengan lagu “These Boots Are Made For Walking” ketika produser film Bond You Only Live Twice merekrutnya untuk menyanyikan lagu itu. Lagu ini bahkan dinyanyikan lagi oleh Coldplay dan Bjork.

Shirley Bassey menjadi penyanyi satu-satunya yang dua kali menyanyikan theme song film James Bond. Hal tersebut menjadi pengakuan betapa wanita ini memiliki suara emas dan sangat populer. Ia menyanyikan lagu film Bond “Diamonds Are Forever” (1971). Ini adalah film terakhir yang dibintangi oleh Sean Connery. Produser kembali mempercayainya menyanyikan theme song untuk film “Moonraker” tahun 1979, namun lagunya tak sukses. Lagu “Diamond Are Forever” dinyanyikan kembali oleh Kanye West dan menjadi lagu contoh untuk “Diamonds From Sierra Leone”.

Grup Duran Duran menggebrak dunia lewat lagu “A View To a Kill” (1985). Band yang sedang populer itu dimintai oleh produser film untuk menyanyikan theme song film yang dibintangi oleh Timothy Dalton. Film Dalton itu segera dilupakan, tetapi lagu yang dinyanyikan Duran Duran tetap abadi sampai sekarang. Lagu tersebut sempat menduduki tangga nada pertama Top Ten. Lagu itu juga menandai kerja sama lima anggota asli grup tersebut selama 16 tahun.

Madonna menyanyikan lagu “Die Another Day” tahun 2002, film Bond terakhir yang dibintangi oleh Pierce Brosnan. Produser film Bond meminta Madonna yang sedang menikmati kesuksesan lewat lagunya “Ray of Light” dan “Music”. Madonna meminta produser asal Prancis Mirwais (yang bekerja sama dengannya menggarap lagu “Music”) untuk membantunya mengerjakan lagu Bond. Theme song James Bond itu menjadi lagu paling sukses selama beberapa tahun kemudian.

Lagu James Bond yang dinyanyikan Matt Monro “From Russia With Love” (1963) termasuk theme song yang cukup sukses dalam sejarah film Bond. Monro tidak pernah membuat musik hebat di Amerika, namun ia sukses di Eropa, terutama di kalangan perempuan, sampai akhirnya muncul Beatles yang menghancurkan kariernya. Pada bulan-bulan akhir pre-Beatlemania tahun 1963, Monro diminta untuk menyanyikan lagu tersebut. Lagu itu cukup sukses pada era itu.

Bila sebelumnya judul theme song James Bond selalu sama dengan judul filmnya, maka tahun 1969 terjadi perubahan. Theme song untuk film “On Her Majesty’s Secret Service” berjudul “We Have All the Time in the World”. Produser meminta penyanyi legendaris Louis Armstrong menyanyikan lagu tersebut. Penyanyi jazz yang terkenal itu sedang sakit saat itu, namun ia mampu menyanyikan lagu tersebut hanya satu kali rekaman (take). Ia meninggal kurang dari dua tahun setelah menyanyikan lagu tersebut.

Lagu James Bond kesepuluh yang terus dikenal adalah “Thunderball” (1965) yang dinyanyikan oleh Tom Jones. Produser film keempat Sean Connery itu meminta Tom yang sedang melejit lewat lagu “It’s Not Unusual” untuk menyanyikan lagu itu. Tom sebenarnya bukan pilihan pertama. Pilihan pertamanya adalah Shirley Bassey, Dione Warwick, dan Johny Cash. Namun, pada saat akhir, produser film itu akhirnya memilih Tom. Lagu itu sempat berada di posisi ketiga Top 40 di Amerika dan menjadi bagian dari show-nya di Las Vegas selama bertahun-tahun. (willy hangguman)

Berita Terkait

Komentar

Komentar