Arang Batok Kelapa Produk RI Diminati Srilanda dan Korsel

SURABAYA, (tubasmedia.com) – Komoditas arang dari batok kelapa ternyata diminati negara lain. Produk tersebut menjadi komoditas ekspor bagi Indonesia. Srilanka dan Korea Selatan adalah dua negara peminat komoditas arang batok kelapa asal Indonesia.

“Produk arang batok kelapa didapat dari beberapa daerah di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi,” kata Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero, Agus Andiyani, dalam Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2018 di Surabaya beberapa waktu silam.

Nantinya arang diolah menjadi bahan kosmetik, alat penyaring atau filter air, alat pengawet, karbon, briket dan lainnya. “Arang jadi komoditas bagus untuk ekspor,” jelasnya.

Menurut dia, sebenarnya banyak sekali komoditas dalam negeri yang punya potensi besar untuk ekspor, khususnya komoditas pertanian, perkebunan dan perikanan.

“Perlahan kami akan terus eksplorasi dan memasarkan,” ucapnya. Ekspor BUMN sendiri disebut sebagai upaya penguatan terhadap nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar AS. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar