Banjir di Thailand Ganggu Industri Elektronika Nasional

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi mengatakan banjir yang terjadi di Thailand berdampak terhadap industri elektronika nasional.

“Industri elektronika Indonesia relatif sedikit terpengaruh oleh banjir Thailand, karena impor produk jadi dan komponen dari Thailand relatif kecil,” kata Budi di Jakarta.

Menurutnya, meski volume impor komponen dan produk elektronika dari Thailand masih relatif kecil, namun para produsen elektronika di Indonesia tetap mencari pasokan dari sumber lainnya yang berlokasi di ASEAN dan Asia Timur.

“Beberapa jenis komponen generik yang diimpor dari Thailand dapat disubstitusi dari sumber-sumber lain di negara-negara yang berlokasi di ASEAN dan Asia Timur,” jelasnya.

Namun, Budi menjelaskan, peluang di sektor elektronika berbeda dengan automotif. Banjir di Thailand, kata dia, bisa menjadi peluang untuk menarik minat minat prinsipal kendaraan untuk berinvestasi di Indonesia. “Karakter dan size industri elektronika di Thailand berbeda dengan automotif,” ucapnya. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar