Bekali Kompetensi Mahasiswa, USB Adakan Workshop Phlebotomy

SURAKARTA, (tubasmedia.com)- Sebanyak 186 mahasiswa Program Studi D3 dan D4 Analis Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi (USB) mengikuti Workshop Phlebotomy Vacutainer System Senin (3/4) di  kampus USB Surakarta.

Workshop ini merupakan kerjasama antara Fakultas Ilmu Kesehatan USB dengan Becton and Dickinson (BD) Jakarta.

Panitia menghadirkan pembicara, dr Ninik Yusida, Sp.PK., MSc, dokter dari RSUD Karanganyar dan Candra Wijaya, A.Md., SKM., yang merupakan praktisi dari BD.

Ninik menyampaikan materi terkait Pengambilan Specimen Arteri untuk Analisa Gas Darah, Jakarta, sementara Candra tampil dengan materi tentang teknik pengambilan sample darah dengan Vacutainer System.

Sekretaris Fakultas Ilmu Kesehatan, Rahmat Budi Nugroho, S.Si., M.Sc., dalam sambutannya menyebutkan workshop merupakan agenda rutin yang diadakan Fakultas Ilmu Kesehatan USB. Tujuannya antara lain untuk menambah wawasan dan ketrampilan mahasiswa, serta membekali mahasiswa agar menjadi lulusan yang berdaya saing dan kompeten, terlebih lagi di era MEA dimana persaingan semakin kompetitif.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor I, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si. Dia menegaskan bahwa workshop rutin ini adalah sebagai pendukung visi misi USB, yakni menjadi salah satu upaya untuk menciptakan lulusan yang berdaya saing.

Phlebotomy sendiri menjadi salah satu profil lulusan, yakni menjadi teknisi Phlebotomy yang diharapkan memiliki kompetensi antara lain mampu melakukan pengambilan spesimen darah, penanganan cairan dan jaringan tubuh manusia untuk pemeriksaan laboratorium.

Diharapkan workshop semacam ini lebih banyak lagi diadakan untuk menambah ketrampilan mahasiswa, yang nantinya akan menjadi nilai tambah saat bersaing di lapangan kerja. (roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar