30 % Penduduk Tasikmalaya Sudah Laksanakan e-KTP

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Sudah sekitar 30 persen dari sekitar 486.317 orang penduduk Kota Tasikmalaya sudah melaksanakan pembuatan KTP elektronik (e-KTP) melalui Kantor Camat setempat. Pembuatan e-KTP di Kota Tasikmalaya cukup tertib, setiap warga yang ingin membuat e-KTP di kantor Kecamatan diantar oleh RT masing-masing, hingga pelaksanaan pembuatan e-KTP tidak ada antirian panjang.

Pencanangan pembuatan e-KTP yang dilakukan Walikota H. Syarif Hidayat, yang menganjurkan setiap warga melalui desa dan diantar oleh RT masing-masing dinilai masyarakat berjalan lancar. Pemkot Tasikmalaya telah menyediakan anggaran untuk pelaksanaan pembuatan e-KTP yang diperkirakan sebesar Rp 2,1 miliar. “Pihak Pemkot mengeluarkan dana miliaran supaya masyarakat Kota dapat membuat e-KTP tanpa dipungut bayaran alias gratis,” kata Syarif.

Wali Kota juga menjelaskan penerapan e-KTP merupakan upaya pendataan dokumen penduduk secara modern agar lebih tertib dan teratur. Pihak kecamatan, kelurahan terutama masyarakat mendukung program pembuatan e-KTP di Kota Tasikmalaya.”Saya berpesan kepada Camat dan Lurah agar memotivasi dan memobilisasi warganya untuk menyosialisasikan pembuatan e-KTP, sehingga program e-KTP di Kota Tasikmlaya bisa selesai sesuai target Oktober tahun 2012 ini,” pintanya

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tasikmalaya, Djuniar Havid mengatakan tujuan penerapan e-KTP adalah agar tertib administrasi kependudukan, tertib nomor induk kependudukan (NIK) dan tertib dokumen kependudukan, sekaligus untuk kebutuhan pemilu 2014. (hakri)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS