Adpel Probolinggo Songsong Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PROBOLINGGO, (TubasMedia.Com) – Untuk lebih memberi pemahaman dan mengenal lebih jauh tentang keberadaan pelabuhan Probolinggo serta mengetahui perihal sosialisasi Undang-undang No.17 tahun 2008 tentang Pelayaran, peran pemerintah daerah dalam pengembangan pelabuhan, Rabu pekan lalu, Administrator Pelabuhan (Adpel) Probolinggo menggelar seminar sehari yang dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Yos Sudarso Surabaya dan dibuka Wali Kota HM. Buchori.

Pada kesempatan itu wali kota menghimbau peserta memanfaatkan pengetahuan dari semintar tersebut. “Bagimanapun potensi yang ada di sekitar kita, kalau dimanfaatkan secara baik dapat memberi dan menunjang sektor perekonomian masyarakat.” katanya.

Tema seminar “Percepatan Pembangunan Pelabuhan Probolinggo Menyongsong Terwujudnya Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur.” Pelabuhan Probolinggo sesuai fungsinya sebagai pelabuhan pengumpul yang membantu kegiatan export dan import yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan di sekitar Probolinggo dan wilayah timur Surabaya. Pelabuhan ini dapat mengambil alih kegiatan export / import dari pelabuhan Tanjung Perak yang kondisinya sering over load.

Bappeda Pemkot Probolinggo yang menyampaikan makalah “Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Pembangunan dan Pengembangan Pelabuhan Probolinggo” menyatakan peran Pemkot Probolinggo guna mendukung pembangunan dan pengembangan pelabuhan, meliputi pengembangan sistim jaringan prasarana dengan pengadaan kerjasama dengan Pemprov dan pemerintah pusat untuk menghimpun dana bantuan yang pada akhirnya diaplikasikan untuk pembangunan prasarana pendukung pengembangan pelabuhan.

Kepala Adpel Probolinggo, Wiliyanto secara khusus memberikan materi tentang sejarah perkembangan pelabuhan Probolinggo dan upaya pembangunan berkesinambungan terus dilakukan dikawasan pelabuhan Tanjung Tembaga demi tercapainya nilai tambah bagi keberadaan pelabuhan. (haroem)

Berita Terkait

Komentar

Komentar