Agar-agar Rumput Laut Dikembangkan

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GARUT, (Tubas) – Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang bergerak di bidang pembuatan ager-ager dari rumput laut kini tengah dikembangkan di Kabupaten Garut. Produk ager “Restu” yang berdiri pada 2005 itu merupakan salah satu IKM potensial di Kabupaten Garut.

Perusahaan agar “Restu” sampai kini masihterus tumbuh dan berkembang. Usaha ini dikembangkan oleh seorang pengusaha kecil Hery Mulyana di Kampung Pangkalan Cipanas Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler. Kabupaten Garut, Jabar “Pengembanganya dilakukan dengan penerapan teknologi yang sederhana,” ungkapnya

Menurut Herry bahan baku yang digunakan untuk pembuatannya merupakan bahan pilihan yang tidak mengandung unsur kimia. Bahan yang digunakan tepung jelly, potasium citrate, essen (pewangi), benzoat, air, dan pewarna khusus makanan.

Herry berharap usaha yang dikembangkan sejak 2005 menjadi industri di Kabupaten Garut yang potensial. Dalam gerak hidupnya usaha ini tidak pernah mendapat bantuan permodalannya dari pemerintah. Meski modal usaha diakui Herry sebagai hambatan pengembangannya, usaha ini akan terus dipertahankan. “Modalnya, keberanian saja” katanya.

Kabid Perindustrian Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Garut Siti Aminah Rachmawati mengatakan dalam pengembangan usaha ager “Restu” pihaknya telah melakukan bimbingan, pembinaan, pelatihan, pengujian dan kontrol terhadap bahan tambahan yang digunakan. Selain itu, juga telah dilakukan kontrol oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Depkes dan juga MUI juga telah memberi label halal. (sighar)

CATEGORIES
TAGS