Aktifitas Lalu Lintas Meningkat di Depok

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

DEPOK, (TubasMedia.Com) – Menghadapi hari raya Idul Fitri 1433 H tahun ini, aktifitas lalu warga Depok diperkirakan meningkat. Tingginya aktifitas warga kota ini, tidak hanya didominasi oleh banyaknya jumlah para pemudik, tapi juga aktifitas untuk menyambangi sejumlah pusat perbelanjaan, pasar tradisional, maupun lokasi pasar tumpah.

Hal ini menjadi bagian dari fonomena yang lazim terjadi di wilayah kota pinggiran DKI Jakarta, saat menghadapi Lebaran. Menghadapi itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok tengah melakukan penyusunan Rencana Operasional (Ren Op).

“Untuk menghadapi tingginya aktifitas warga jelang Lebaran tahun 2012, kami sedang menyusun draf Rencana Operasional (Ren Op),” kata Sekertaris Dinas (Sekdis) Dishub Depok Nasrun WZ akhir pekan lalu. Dalam draf itu, terdapat sejumlah rincian kegiatan kerja dinas, antara lain persiapan pemantauan, dan penempatan personil Dishub di sejumlah titik untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas, pengujian kelaikan armada bus antarkota, hingga pemberlakukan tes kesehatan para pengemudi bus antarkota.

Seperti pada tahun sebelumnya, pihak Dishub juga akan menggandeng beberapa jajaran instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga jajaran dari pihak Polres Depok. Hal itu bertujuan untuk dapat mempermudah proses kerja di lapangan, terutama pada saat H-7 hingga H+7 Lebaran.

“Besarnya aktifitas warga diperkirakan juga akan terjadi saat digelarnya pasar tumpah yang telah rutin digelar menjelang Lebaran. Untuk itu, kami juga akan bekerja sama dengan pihak terkait lainya, seperti Sat pol PP, dan Polres,” Nasrun menambahkan.

Tidak hanya tahun ini, kenyamanan bagi para pemudik yang menggunakan jasa bus antarkota juga tidak luput dari pantauan pihak Dishub yang akan menerjunkan sedikitnya tiga personil tim penguji kelaikan jalan bagi armada bus angkutan antarkota di tiap titik keberangkatan. “Pada tiap titik keberangkatan bus penumpang antarkota, kami menempatkan sedikitnya tiga personil penguji kelaikan kendaraan,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Pengujian Kendaran Bermotor (UPT PKB) Dishub Depok, M Yusuf. (eko)

CATEGORIES
TAGS