Andy Williams Abadi Bersama “Moon River”

Loading

Laporan: Redaksi

Andy Williams

Andy Williams

PENYANYI bersuara emas asal Amerika Serikat, Andy Williams, meninggal di rumahnya di Branson, Missouri, Selasa malam waktu setempat, dalam usia 84 tahun, setelah menderita kanker kandung kemih selama setahun. Andy mengaku menderita penyakit tersebut November 2011.

Nama Andy melejit lewat tembangnya Moon River yang diluncurkan tahun 1961. Suara emasnya terkenal merdu lembut serta sedikit melankolis. Mendiang Presiden Ronald Reagan yang terpesona dengan gaya penyanyi yang sederhana itu, memujinya dengan menyebutnya sebagai “kekayaan nasional” Amerika.
Lagu Moon River digubah oleh Johny Mercer dan Henry Mancini, yang memenangkan Grammy untuk kategori musik asli terbaik. Ia juga mendapat nominasi lima kali untuk Grammy Awards.

Andy Williams, yang lahir pada 3 Desember 1927 di Wall Lake, Iowa, adalah seorang penyanyi, penghibur, aktor dan pembawa acara televisi populer. Ia salah satu penyanyi Amerika Serikat yang paling bertahan lama dan telah menghibur selama 7 dekade. Sampai usianya yang ke-84, dia telah mencetak 18 album bersertifikasi emas dan 3 album platinum. Lagu-lagunya dikenal luas seperti Canadian Sunset, Moon River dan Days of Wine and Roses.

Lagu Moon River yang merupakan lagu latar film Breakfast at Tiffany’s, menjadi terkenal dan dinyanyikannya pada Academy Awards tahun 1962. Lagu ini juga menjadi lagu terbaik Oscar. Moon River menduduki nomor 1 di tangga lagu selama 16 minggu dan bertahan selama 100 minggu. Pada tahun berikutnya, lagu Days of Wine and Roses menduduki puncak tangga lagu album. Di dekade 60-an, 9 single lagi yang menduduki 10 Besar.

Andy juga melambungkan lagu lain yang juga terkenal di seluruh dunia, yaitu Where Do I Begin yang menjadi theme song film Love Story (1970) dan Speak Softly Love dalam film Godfather (1972).

Ikut Paduan Suara

Karier Andy yang cemerlang itu tak dibangun dalam sehari. Ia mengawalinya dengan menjadi penyanyi paduan suara gereja yang dibentuk ayah dan ibunya di Wall Lake bersama tiga abangnya. Mereka kemudian membentuk kwartet yang dinamakan The Williams Brothers Quartet.

Pada saat itu Andy baru berusia 8 tahun. Williams Brothers Quartet tampil rutin di acara radio WHO, “Iowa Barn Dance Show” di Des Moines, Iowa. Lalu, mereka mulai pentas di stasiun radio WLS di Chicago dan WLW di Cincinnati.

Perkembangan radio yang cepat membuat suara emas keempat anak tersebut terdengar ke telinga Bing Crosby. Dengan Crosby, Andy dan saudara-saudaranya mulai rekaman lagu debut mereka, Swinging on a Star yang menjadi hit sukses tahun 1944.

Pada tahun 1947, Andy dan para abangnya berkenalan dengan komedian dan penulis buku anak-anak, Kay Thompson, dan tahun berikutnya mengadakan pertunjukan keliling Amerika Serikat dan Eropa. Kwartet ini bubar pada tahun 1951. Andy Williams memutuskan untuk pindah ke New York City dan mengejar karier di sana.

Pada awal-awalnya, dia pernah mengalami berbagai kesulitan keuangan, karena mendapat bayaran kecil. Namun, dengan ketekunan dan kerja keras luar biasa, kariernya akhirnya mulai meroket.

Dalam mengembangkan karier musiknya, Andy bekerja sama dengan musisi Dave Grusin yang menjadi teman baiknya selama lebih dari 40 tahun untuk mengaransir lagu-lagunya yang terkenal, baik dalam irama jazz mau pun pop, seperti Danny Boy, Butterfly, Canadian Sunset, dan Are You Sincere.

Ia juga bersahabat baik dengan Senator Bobby Kennedy dan sangat terpukul saat senator itu ditembak mati tahun 1968. Sebelumnya, dia berniat untuk bertemu pada acara makan malam di Ambassador Hotel di Los Angeles. Pada saat upacara pemakaman Kennedy, Andy menyayikan lagu Battle Hymn of the Republic. Hal itu sangat berat baginya dan ia bersumpah tidak akan menyanyikan lagu itu lagi. Sebagai bentuk penghormatan terakhir, ia memberikan dasi hitam miliknya untuk jasad Bobby Kennedy.

Masa kejayaannya pada 1960-an. Ia menjadi penyanyi dengan bayaran paling tinggi. Tahun 2009 ia menerbitkan buku biografinya berjudul Moon River and Me: A Memoir. Nama Andy Williams akan tetap abadi bersama Moon River. (willy hangguman)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS