Apa Saja Strategi Menperin Untuk Mewujudkan Industri Hijau..?

Loading

Saleh-Husin
JAKARTA, (tubasmedia.com)-Apa saja strategi yang dilakukan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin untuk mewujudkan Industri Hijau?

Dalam siaran pers Menperin di Jakarta, Rabu (29/4/15) strategi yang ditempuh antara lain adalah selain mengembangkan industri yang sudah ada menuju Industr Hijau (greening of existing industries) juga membangun industri baru dengan menerapkan prinsip-prinsip Industri Hijau (creation of new green industries) .

Dijelaskan, pengembangan industri yang sudah ada menuju Industri Hijau itu dilakukan melalui beberapa upaya antara lain, melakukan rencana penerapan standar Indsustri Hijau yaitu industri tekstil, ubin keramik, semen, baja, pulp dan kertas. Katalog bahan baku ramah lingkungan untuk industri kecil berupa ubin, keramik dan makanan juga disiasati.

Kemudian pedoman umum dan teknis konservasi energi dan pengurangan emisi gas CO2 termasuk panduan teknis sebagai studi kelayakan untuk implementasi Konservasi Energi dan Pengurangan Emisi Co2.

Selanjutnya, melakukan panduan pengolahan limbah air, bahan berbahaya dan beracun (B3) serta panduan prioduksi bersih. Juga program retrukturasi mesin untuk industri gula, industri tekstil dan produk tekstil serta industri kulit dan alas kaki yang telah dilakukan sejak tahun 2007 jangan sampai diabaikan.

Tidak kalah penting memberikan penghargaan Industri Hijau yang sudah berlangsung sejak sejak tahun 2010 dan pada tahun 2014. Penghargaan Industri Hijau itu pernah diberikan untuk 256 perusahaan. (marto tobing)

CATEGORIES
TAGS