Apdesi Tasikmalaya Harapkan Dana Rp 1,4 Miliar Segera Dicairkan

Loading

261214-ekbis1

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tasikmalaya menagih janji Pemerintah Pusat untuk secepatnya menyalurkan dan mencairkan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp 1,4 milar per desa.

Sekretaris Apdesi Kabupaten Tasikmalaya, Apip Mansyur, Kamis (25/12/2014), menyatakan, pemerintah desa membutuhkan dana besar untuk percepatan pembangunan. Sementara, dana sebesar Rp 120 juta per desa, yang dicanangkan Pemerintah Pusat, baru-baru ini, sudah jelas tidak akan memenuhi kebutuhan pembangunan ekonomi di desa.

Dengan disahkannya Undang-Undang Desa (UUD) oleh Pemerintah Pusat pada masa pemerintahan SBY, maka desa-desa mengharapkan Jokowi mempercepat penyaluran dana desa sebesar Rp. 1,4 miliar, kata Apid.

Kepala Desa Sundakerta, Kecamatan Sukahening, Marni Suryandi, kepada tubasmedia.com mengatakan, jika Pusat tetap memberikan Rp 120 juta, ADD tersebut akan diprioritaskan untuk pembangunan benteng dan jalan desa di beberapa titik.

“Dana Rp 120 juta ini masih rencana pemerintah. Dan, kami mengharapkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing desa untuk kemajuan ke depan. Terutama akan diperuntukan untuk tata kelola keuangan, tertib administrasi, dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya pada bidang IT,” kata Suryandi. (hakri miko)

CATEGORIES
TAGS