Banyak Kebijakan Mendorong Kartelisasi

Loading

sofjan

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Banyak kebijakan yang belum menciptakan persaingan usaha yang sehat, sebaliknya justru malah memperkuat kartelisasi. Misalnya, penetapan harga oleh sekelompok pengusaha, harga yang diciptakan tidak transparan, serta susah masuknya persaingan.

“Hampir semua sektor tidak sehat. Banyak sekali praktik-praktik persaingan tidak sehat. Di bidang kesehatan, perhubungan, properti, daging, minyak makan, dan lain-lain,” kata Menko Perekonomian Sofjan Djalil di Kantornya, Jumat (13/2/2015).

Menurut Sofyan pemerintah akan berkoordinasi secara lebih efektif, sehinga tidak lagi menciptakan kebijakan yang mendorong terjadinya kartel dan persaingan tidak sehat. Salah satu yang akan ditempuh adalah penguatan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Ketua KPPU Nawir Messi dalam kesempatan yang sama mengatakan salah satu persaingan usaha tidak sehat terjadi di industri semen. “Sistem produk semen dunia yang berkembang sedemikian rupa sehingga kecenderungannya mengarah ke kartel,” kata Nawir. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS