Batik Pekalongan Merupakan Warisan Budaya

Terbit 23 April 2012 - 10:30 WIB | Dibaca : 1169 kali

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PEKALONGAN, (TubasMedia.Com) – Batik merupakan sebuah karya seni yang tertuang dalam bentuk kain dan merupakan warisan budaya sejak nenek moyang kita. Sehingga, batik seharusnya dilestarikan jangan sampai punah. Hal itu dikatakan para pengusaha batik di Pekalongan, baru-baru ini.

Membuat batik, tidak asal-asalan, tetapi harus mengerti dan mau memberikan pengetahuan terhadap generasi muda kita seperti halnya Batik Paringono Kesit yang sering mengadakan kegiatan pelatihan terhadap anak muda seperti anak jalanan, anak punk, anak motor vespa dan masih banyak lagi dalam bentuk kegiatan yang memberikan pengetahuan dan bekal terhadap anak-anak muda tentang batik.

Dalam melakukan kegiatan pelatihan itu yang dilakukannya, bukan di Pekalongan saja tapi sampai di Jakarta dan di daerah lainnya agar nantinya bisa mengembangkan usaha batik yang bisa mengurangi pengangguran.

Seseorang terkadang tidak mengerti batik yang sebenarnya, sehingga bila beli batik asal beli saja. Sebetulnya yang namanya batik, menurut Endang Werdiningsih yang empunya Batik Paringono Kesit, bermacam-macam corak dan motifnya, serta cara mengerjakannya pun variatif. Ada yang pengerjaannya dengan Cap, Tulis, dan ada pulan dengan sablon, sehingga harganya pun bervariasi. Jadi bila membeli batik, harus tahu dulu seperti apa batik itu.

Dikatakan, pengerjaan batik tidak semudah seperti yang dilihat, karena harus bisa menjaga kualitasnya. Seperti batik milik Endang Werdiningsih yang beralamat di Jenggot Gang 4 no 26 Pekalongan ini, selalu menjaga kualitas sehingga cukup terkenal ke seluruh nusantara. (oyyan)

Tweets

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.

Copyright © 2011-2012 TubasMedia.com - All Rights Reserved - Berita Terkini - Profil - Info Iklan - Feed Berita - Feed Komentar - Go Mobile
Facebook button Twitter button RSS button