Benarkah Presiden SBY Terlibat Kasus Bank Century

Terbit 15 Agustus 2012 - 09:30 WIB | Dibaca : 1020 kali

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Keputusan dana talangan (bailout) Bank Century merupakan peringatan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa ada kasus lebih besar yang harus diselesaikan.

“Saya sebagai Sekjen DPP Partai Golkar dan mantan Ketua Pansus Century, mengingatkan dengan adanya testomi Antasari, ada yang harus diselesaikan oleh KPK,” kata mantan Ketua Pansus Century DPR, Idrus Marham di Jakarta.

Untuk itu, dia meminta KPK jangan hanya mengambil kasus-kasus kecil seperti kasus dugaan korupsi pengadaan simulator SIM di Korlantas Polri yang sekarang terekspos sedemikian rupa. “Bukan itu masalahnya, tapi ada beberapa kasus besar yang harus diselesaikan,” tandasnya.

Idrus mengatakan, kasus Bank Century bisa diselesaikan jika semua lembaga saling percaya. “Ini bukan berani atau tidak berani. Tetapi semua ada aturan main dan kami berpandangan, masalah itu bisa diselesaikan jika saling mempercayai dan posisinya sudah di KPK,” tambah Idrus.

Sebagaimana diberitakan, Antasari dalam testimoninya menyebutkan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin rapat membahas bailout Bank Century sebesar Rp7,7 triliun di istana.

Rapat dihadiri antara lain, Kapolri Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menko Polhukam Widodo AS, Menkeu Sri Mulyani, Mensesneg Hatta Rajasa, Gubernur BI Boediono, Jubir Presiden Andi Mallarangeng, dan staf Khusus Presiden Denny Indrayana.

Namun, Presiden SBY dalam pidato 4 Maret 2010 menyatakan, saat pengambilan keputusan bailout Bank Century dirinya sedang berada di luar negeri.

“Sekali lagi, di saat pengambilan keputusan (bailout) itu, saya sedang berada di luar negeri. Saya memang tidak dimintai keputusan dan arahan. Saya juga tidak memberikan instruksi atas pengambilan kebijakan tentang ihwal itu. Antara lain karena pengambilan keputusan KSSK berdasarkan Perppu No 4/2008 memang tidak memerlukan keterlibatan presiden,” kata SBY. (red)

Tweets

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.

Copyright © 2011-2012 TubasMedia.com - All Rights Reserved - Berita Terkini - Profil - Info Iklan - Feed Berita - Feed Komentar - Go Mobile
Facebook button Twitter button RSS button