Blora Bangun Pabrik Gula

Loading

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BLORA, (Tubas) – Pembangunan Pabrik Gula (PG) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, segera direalisasikan. Pabrik Gula tersebut dibangun di atas tanah seluas 27 Ha berlokasi di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Menurut Kepala Dinas Perkebunan Jawa Tengah, Ir. Teguh Winarno, perletakan batu pertama pembangunannya, telah dilakukan oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Bibit Waluyo, pertengahan April 2011, dengan nilai investasi Rp 1,5 triliyun lebih.

Masih menurut Ir. Teguh Winarno, pabrik gula ini direncanakan menyerap potensi tebu dari lahan seluas 24.000 Ha yang terhampar di daerah sekitarnya. Masing-masing seluas 8.750 Ha (Kabupaten Blora), 6.000 Ha (Kabupaten Rembang), 4.000 Ha (Kabupaten Grobogan), 3.000 Ha (Kabupaten Pati) dan 2.000 Ha (Kabupaten Kudus) dan tidak menutup kemungkinan tebu datang dari daerah-daerah lain di luar daerah tersebut.

Sementara itu Kamajaya, Presiden Direktur PT Mulkti Manis Mandiri, induk perusahaan PT Industri Gula Nusantara, sebagai investor mengemukakan, pembangunan fisik PG Blora akan selesai dalam waktu 2-3 tahun. Sehingga pada akhir 2013 atau awal 2014, PG Blora diharapkan sudah bisa beroperasi.

Kapasitas pabrik maksimal akan menyerap pasokan tebu sekitar 4.000 ton setiap hari. Namun produksi maksimalnya, tentu akan sangat tergantung dari pasokan tebu yang tersedia. Pihaknya masih berharap agar kebutuhan lahan tanam minimal seluas 16.000 Ha dapat terpenuhi, sehingga produktivitas pabrik dapat optimal. (bambang sutiyono)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS