BNP Jabar Tetapkan Karyamakmur Sebagai Desa Siaga Narkoba

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KARAWANG, (Tubas) – Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat menetapkan Desa Karyamakmur, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang sebagai Desa Siaga Narkoba. Penetapan tersebut sebagai tindak lanjut dari upaya Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Karawang, dimana masyarakat dan aparat Desa Karyamakmur berpartisipasi aktif dalam upaya tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan BNP Provinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna mewakili Wakil Gubernur Jawa Barat, Yusuf M. Effendi dalam kesempatan tersebut mengatakan, Desa Karyamakmur merupakan salah satu dari 7 desa di Jawa Barat yang ditetapkan sebagai Desa Siaga Narkoba. “Dua desa di antaranya telah ditetapkan pada tahun 2010, dan 5 desa ditetapkan pada tahun 2011, dimana Desa Karyamakmur, sebagai salah satu di antaranya,” tuturnya.

Engkus melanjutkan, latar belakang ditetapkannya Desa Siaga Narkoba ini adalah karena peredaran narkoba saat ini telah sangat mengkhawatirkam. Berdasarkan penelitian, setidaknya terdapat 1,98 persen pengguna narkoba di Indonesia, yang bila diproyeksikan kepada masyarakat Jawa Barat maka setidaknya 850 ribu masyarakat telah terkait narkoba. “Mudah-mudahan jumlah ini dapat terus diminimalisir hingga mencapai nol persen,” lanjutnya.

Engkus menambahkan, peredaranan narkoba sendiri saat ini tidak hanya di perkotaan saja, melainkan juga telah merambah ke pedesaan. Selain itu, narkoba tidak hanya dikonsumsi oleh orang kaya saja, melainkan juga kalangan masyarakat miskin. “Untuk itu, keberadaan Desa Siaga Narkoba diharapkan dapat semakin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” tambahnya.

Ketua BNK Karawang yang juga Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan, jajaran Pemerintah Daerah dan BNK Kab. Karawang sangat bergembira atas apresiasi dari BNP Provinsi, sehingga Desa Karyamakmur dapat ditetapkan sebagai salah satu Desa Siaga Narkoba di Jawa Barat. “Hal ini tentunya sangat membanggakan, terlebih saat ini Kab. Karawang merupakan daerah yang dipandang strategis dalam peredaran narkoba,” ujarnya. (agus safutra)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS