Bojonegoro Siap Bangun Bandara


Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BOJONEGORO, (Tubas) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Jatim telah menyiapkan alokasi dana Rp 300 miliar dan lahan seluas 250 hektar di tiga lokasi untuk realisasi proyek pembangunan lapangan terbang di daerah itu.

Bupati Bojonegoro, Suyoto menjelaskan proses pembicaraan dengan stakeholder penerbangan udara, khususnya Kementrian Perhubungan telah tuntas. Kini tinggal menunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Termasuk memasukkan proyek bandara Bojonegoro dalam grand design proyek strategis nasional.

“Proyek lapangan terbang ini akan dikerjakan oleh BUMD Kabupaten Bojonegoro. Kami telah menyiapkan alokasi dana dari APBD sebesar Rp 300 miliar dan lahan seluas 250 hektar di tiga lokasi, yakni Kalitidu, Dander dan Temayu. Lokasi itu selanjutnya akan ditentukan setelah dilakukan kajian oleh Kemenhub,” ungkap Suyoto.

Dia menggambarkan bahwa lapangan terbang itu akan didesain untuk bisa didarati pesawat sekelas Boeing 737-400 dengan kesiapan runway sepanjang 2.000-2.500 meter. Meski ke depan dapat diperpanjang agar bisa didarati pesawat berbadan besar lainnya.

Data yang dihimpun dari berbagai sumber menjelaskan, pengembangan Bandara Bojonegoro ini merupakan bagian dari tiga lapangan terbang yang didorong untuk dibangun oleh Pemprov Jatim. Dua bandara lainnya adalah di Pulau Bawean, Kab. Gresik dan Ponggok, Kab. Jombang.

Ketiganya merupakan bagian dari sembilan bandara yang dipersiapkan guna mewujudkan program citylink penerbangan antarkota di Jawa Timur. Keenam bandara lainnya adalah Bandara Juanda-Surabaya, Abdurrahman Saleh-Malang, Notohadinegoro-Jember, Blimbingsari-Banyuwangi, Iswahyudi-Madiun dan Trunojoyo-Sumenep Madura. (bambang sutiyono)

Berita Terkait

Komentar

Komentar