Bupati Pantau Penyaluran BSPS

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Bupati Purbalingga H Heru Sudjatmoko, Rabu pekan lalu, memantau penyaluran program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Program ini digulirkan oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni menjadi rumah sehat dan layak huni. Pemantauan dilakukan di sejumlah lokasi penerima BSPS.

Bupati berpesan kepada penerima bantuan agar benar-benar dipergunakan untuk perbaikan rumah sesuai peruntukannya. Bupati juga mengungkapkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pihaknya terus berupaya melakukan terobosan kepada pemerintah pusat agar bersedia mengucurkan program ke Purbalingga. Diakui, Purbalingga banyak menerima kucuran program dari pemerintah pusat yang diusahakan oleh salah satu fraksi di DPR RI.

“Kita bahkan berterima kasih sepanjang output-nya untuk kepentingan masyarakat. Program BSPS ini perlu kita kawal pelaksanaanya. Masing-masing unsur pelaksana di lapangan agar dapat secara bijak berperan sesuai dengan fungsinya,” pinta bupati.

Sebelumnya, Rakor terkait penyaluran BSPS yang diikuti unsur pelaksana wilayah seperti camat, kepala desa, unit pelaksana kegiatan (UPK) dan tenaga pendamping masyarakat (TPM) sempat memanas. Sejumlah kades yang warganya menjadi penerima bantuan, mengaku tidak mengetahui perihal program itu. Bahkan pada sejumlah desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades), program ini menjadi konsumsi politik.

Mengomentari hal tersebut bupati mengatakan, “Kalau sedikit ada bau politis bisa dipahami karena prosesnya memang melibatkan unsur politik. Tetapi jangan sampai dipolitisasi, seolah-olah menjadi program salah satu partai politik. Sebenarnya program ini merupakan program pemerintah pusat yang dalam proses usulannya tidak seluruhnya dilakukan oleh SKPD, tetapi juga dilakukan oleh kader partai tertentu”. (joko suharyanto)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS