Ceritera Unik JK Tentang Susi yang Hanya Lulus SMP

Loading

101214-RAGAM-1

JAKARTA, (tubasmedia.com)Belief or not  Parcaya atau tidak kalau Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) punya cerita unik tentang Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Ceritera itu bermula pada saat JK meragukan sosok Susi yang hanya lulusan SMP. Keraguan itu dicari jawabannya dengan bertanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).”Ini saya ada cerita sedikit. Waktu Susi diangkat, saya bilang ‘ini tamat SMP saja?” kata JK dalam acara Tempo Economic Briefing 2015 di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu (10/12).

Menurut JK Presiden Jokowi menjawab secara sederhana. Menurut Jokowi, Undang-undang (UU) mengatur syarat untuk presiden adalah tamatan SMA. Oleh karena itu, lulusan SMP sudah bisa menjadi menteri.”Presiden itu syaratnya di UU (minimal) SMA. Berarti cocoklah menterinya SMP,” kata JK.

JK menilai ada keanehan dalam perundang-undangan. Untuk menjadi presiden syaratnya hanya lulusan SMA, sedangkan gubernur harus sarjana.
Memang agak aneh. Untuk presiden itu SMA dan gubernur harus S-1

Akhirnya JK menyadari pilihan Jokowi tepat. Susi adalah salah satu menteri yang banyak mengeluarkan kebijakan terobosan. Pandangan menteri yang cuma tamat SMP pada awalnya negatif. Tapi, lambat laun hilang dalam 1 bulan Susi sudah mengeluarkan berbagai kebijakan dan tindakan yang akhirnya mengundang kekaguman.

JK berpesan agar jangan melihat seseorang hanya dari pendidikannya. Seorang pengusaha, meski berpendidikan rendah punya pemikiran yang maju.” Jangan ragu dengan pengusaha mesti sekolahnya hanya lulus SMP,” pintanya. (edi s)

CATEGORIES
TAGS