Diestimasi, Nilai Ekonomi Sektor Maritim Indonesia 1.000 Miliar Dollar/tahun

Loading

Susi-Pudjiastuti

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Ada sembilan sektor usaha kelautan dan perikanan yang memiliki potensi besar dan peluang bisnis yang menjajikan. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengestimasi nilai ekonomi sektor maritim Indonesia mencapai US dolar 1.000 miliar per tahun.

Ke 9 sektor tersebut meliputi Perikanan, Pariwisata Bahari, Energi Terbarukan, Biofarmasetika Laut,Transportasi Laut, Minyak bumi dan gas offshore, Seabed mineral, Industri dan jasa maritim dan Garam industri.

Menurut Susi sektor tersebut merupakan peluang yang selama ini luput dari perusahaan pembiayaan.”Sektor ini potensinya sangat besar dan itu membutuhkan pembiayaan yang besar. Perusahaan pembiayaan bisa masuk ” katanya di Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Peluang tersebut telah dibentengi oleh kepastian hukum yang dilaksanakan Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga pelaku industri pembiayaan tidak perlu ragu masuk ke bisnis pembiayaan di sektor usaha kelautan dan perikanan. “Peluang itu kita dukung dengan peraturan yang membuat semua lebih pasti,” katanya. (edi s)

CATEGORIES
TAGS