Ditemukan, Banyak Kejanggalan Proyek Pembangunan

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Tasikmalaya, H. Iwan Saputra menegaskan, tim monitoring dan evaluasi (Monev) proyek pembangunan tahun 2012 menemukan kejanggalan dilapangan tidak berarti proyek itu salah. Pasalnya tahun anggaran masih berjalan dan proyek pembangunan masih belum berakhir, sehingga masih dimungkinkan untuk melakukan perbaikan.

Kendati demikian, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta menindaklanjuti hasil temuan tim monev sehingga tahun anggaran 2013 dan seterusnya bisa lebih terarah, tepat sasaran dan dirasakan manfatnya oleh masyarakat.

Kejanggalan yang menonjol pengadaan bantuan sapi untuk sejumlah Poktan. Sejumlah sapi yang dikirimkan ke penerima bantuan dalam kondisi sakit. Kejanggalan juga banyak terjadi pada bantuan ikan dan pupuk.

Menurut Iwan Saputra, temuan tim monev tersebut sifatnya sementara. Temuan tim monev itu bukan berarti benar dan juga tidak berarti proyeknya salah, karena tahun anggaran masih berjalan dan bisa saja masih dalam tahap penyelesaian.

“Temuan tim monev seharusnya dijadikan bahan evaluasi oleh semua pihak termasuk OPD agar capaian indikator dari proyek pembangunan sesuai yang direncanakan. Jika ada yang kurang, bukan berarti proyek itu salah” katanya. (hakri/dadang)

CATEGORIES
TAGS