Ditingkatkan Kredit Sektor Kemaritiman

Loading

maritim

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Tahun 2015 jumlah kredit sektor kemaritiman akan ditingkatkan sebesar 50 persen dari tahun 2014. Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan pendekatan kepada 115 bank.

” OJK akan melakukan assesment ke 115 bank, diarahkan untuk meningkatkan porsi jumlah kredit kepada sektor kemaritiman sekurang-kurangnya 50 persen dari tahun 2014,” kata Dep[uti Komisioner Pengawasan OJK Irwan Lubis dalam acara Menggali Potensi Kredit di Sektor Maritim, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Langkah ini menyusul kecilnya pangsa terhadap total kredit perbankan di sektor kemaritiman tahun 2014 yang hanya sebesar 2,36 persen. Angka tersebut karena risiko yang terlalu tinggi di kemaritiman sehingga perbankan tidak mau masuk.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto mengakui kesulitan itu. “Menarik minat investor di dunia kemaritiman, jangka return of investment (ROI) jangan sampai 4-5 tahun karena akan menyurutkan minat investasi kemaritiman” katanya.

OJK akan melakukan Focus Group Discussion bersama sejumlah pihak untuk mengidentifikasi model bisnis kemaritiman, seperti KKP, Kadin, pelaku usaha, pelaku asuransi, multifinance, dan TNI AL. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS