Facebook bakal Menjadi Pengepul Konten Berita

Loading

like-facebook

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Facebook dikabarkan tidak hanya merambah ranah media social. Dia bakal menjadi pengepul konten berita melalui kerja sama dengan berbagai media massa besar dunia.

Cnet, Senin (4/5/2015) mengabarkan Facebook dirumorkan akan menghadirkan artikel dan berbagai bentuk konten berita lainnya. Fitur pembagian berita tersebut disebut-sebut memiliki nama Instant Articles dan mulai beroperasi pada bulan Mei ini juga.

Langkah awal diinformasikkan Facebook akan menayangkan berita dari The New York Times, Buzzfeed, dan National Geographic. Saat ini, pengguna sudah diberi kebebasan untuk berbagi tautan artikel berita di linimasa Facebook.

Facebook merasa pengguna belum mendapatkan pengalaman yang cukup cepat untuk membuka tautan tersebut, khususnya di produk mobile. Sebuah perangkat mobile butuh waktu rata-rata sekitar delapan detik untuk membuka sebuah tautan. Selain itu, pengguna juga akan “dibawa” ke luar dari Facebook ketika mengklik sebuah tautan, pengguna akan diarahkan langsung ke situs dari tautan tersebut.

Instant Articles ini dikatakan bakal membuat pengguna bertahan lebih lama di Facebook. Pasalnya, semua berita langsung ditampilkan di situs sosial media tersebut.
Artikel pun dijanjikan untuk tampil lebih cepat sehingga menghemat waktu pengguna.

Facebook dikabarkan akan memberikan seluruh atau 100 persen keuntungan iklan yang didapat dari artikel di fitur Instant Articles ini. Pemberian keuntungan tersebut merupakan sebagai wujud “ganti rugi” waktu yang lebih banyak dihabiskan di Facebook ketimbang di suatu situs berita itu sendiri. Facebook merupakan pihak penjual iklan, akan tetap mendapatkan keuntungan sebesar 30 persen.(rel/edi s)

CATEGORIES
TAGS