FE USB Gelar Seminar KARS

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

SOLO, (tubasmedia.com) – Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Setia Budi (USB) akhir pekan lalu menggelar seminar “Penatalaksanaan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Menuju Akreditasi (KARS)”. Seminar diikuti 95 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, pegawai rumah sakit, dosen dan umum.

Ketua Panitia Pelaksana seminar Damar Arinta Pitaloka menjelaskan manfaat seminar ini adalah menambah pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana proses dan manfaat akreditasi pada instansi rumah sakit. Seminar bertujuan para peserta bisa mendapatkan informasi secara komprehensif dan utuh tentang akreditasi rumah sakit.

Seminar ini menghadirkan tiga narasumber yang kompeten yakni Dr. H. Mardiatmo, Sp. Rad yang juga direktur sebuah rumah sakit swasta di Solo, yang menyampaikan presentasi akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang ditentukan.

Kedua, Nabhana, S.Pd., S.Kep., M.Kes yang mempresentasikan peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP), peningkatan mutu dalam rumah sakit merupakan suatu pendekatan pembelajaran dan perbaikan terus menerus pada proses pemberian pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.

Ketiga, Ari Subagio, SE., MM yang juga Kepala Pelayanan di RSUD Dr. Moewardi Solo menyampaikan presentasi “Tatalaksana Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Menuju Standarisasi Akreditasi Nasional dan Internasional”.

Menurut Ari mulai tahun 2012, komisi akreditasi rumah sakit (KARS) membuat standart baru akreditasi rumah sakit. Pedoman ini berdasarkan pada standar akreditasi rumah sakit dari JCIA yang secara luas diterima dunia. Akreditasi KARS versi 2012 tentang upaya peningkatan mutu, upaya peningkatan keselamatan dan yang terakhir adalah manajemen resiko. (roian)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS