Gerbang Desa, Program Atasi Kemiskinan di Tasikmalaya

Terbit 27 Mei 2013 - 14:20 WIB | Dibaca : 616 kali

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Diperkirakan, sedikitnya 40 persen dari 1,7 juta penduduk Kabupaten Tasikmalaya masih berada di garis kemiskinan. Untuk menanggulangi kasus itu, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, SE., mengatakan, berusaha meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan melaksanakan program-program kerakyatan, di antaranya, melalui Gerbang Desa.

Untuk mengaplikasikannya, di antaranya membangun infrastruktur yang menunjang laju perekonomian masyarakat, seperti, jalan dan listrik. Termasuk membangun lembaga-lembaga ekonomi seperti koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Program Gerbang Desa akan berupaya meminimalisasi rumah tidak layak huni (RTLH), membangun sarana-sarana pendidikan dan bantuan kesehatan berupa jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) serta raskin melalui program pemerintah pusat.

Desa yang memiliki sanitasi lingkungan berupa jamban di Kabupaten Tasikmalaya masih sangat minim. Dari 351 desa, hanya 8 desa yang sudah memiliki fasilitas tersebut.

Selain itu, Pemkab Tasikmalaya melalui Alokasi Dana Desa (ADD) mengalokasikan anggaran Rp 2,6 miliar untuk pembangunan jamban di desa-desa, katanya.

Dengan anggaran sebesar itu, setiap desa mendapatkan alokasi anggaran pembangunan jembatan Rp 7,5 juta dari total ADD sebesar Rp 145 juta yang diterima masing-masing desa. Total alokasi dana desa untuk 351 desa Rp 54 miliar, di antaranya, Rp 2,6 miliar untuk pembangunan sanitasi lingkungan perdesaan, kata Uu. (hakri)

Tweets

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.

Copyright © 2011-2012 TubasMedia.com - All Rights Reserved - Berita Terkini - Profil - Info Iklan - Feed Berita - Feed Komentar - Go Mobile
Facebook button Twitter button RSS button