Google Diperingatkan Untuk Memperluas Hak Untuk Dihapuskan

Loading

media-sosial

GOOGLE berada di bawah tekanan terbaru untuk memperluas cakupan “hak untuk dihapuskan” untuk alat pencarian .com internasional.

Sebuah panel pengawas perlindungan data Uni Eropa mengatakan langkah itu diperlukan untuk mencegah dielakkannya langkah hukum yang dilakukan.

Google saat ini tidak mendaftar hasil pencarian yang muncul dalam versi Eropa search engine-nya, tapi tidak dalam versi internasional. Panel mengatakan akan menyarankan lembaga perlindungan data negara-negara anggotanya berpandangan dalam pedoman baru.

Saat ini, pengunjung dialihkan ke edisi lokal dari alat pencarian perusahaan AS tersebut – seperti Google.co.uk dan Google.fr – ketika mereka mencoba untuk mengunjungi situs Google.com.

Namun, link disediakan di pojok kanan bawah layar yang menawarkan pilihan untuk beralih ke versi [dot].com internasional. Link ini tidak akan muncul jika pengguna mencoba untuk pergi ke versi regional di tempat pertama.

Meski begitu, berarti ada kemungkinan bagi orang-orang di Eropa untuk dengan mudah untuk menampilkan daftar yang disensor.

Para pengawas Data mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Google ini tidak dapat dianggap sebagai cara yang cukup untuk menjamin hak-hak warga yang tinggal di 28 negara anggota Uni Eropa.

Seorang juru bicara Google mengatakan: “Kami belum melihat pedoman Panduan Kerja Pasal 29, tapi kami akan mempelajari dengan hati-hati ketika Undang-undang tersebut diterbitkan.”

Hak untuk dihapuskan diterbitkan pada bulan Mei oleh putusan dari Mahkamah Eropa.

Dikatakan seorang warga Spanyol memiliki hak untuk menghentikan sebuah artikel yang mengacu pada masalah keuangannya yang muncul dalam hasil pencarian Google, mengingat hal tersebut tersebut telah terjadi 16 tahun sebelumnya dan dia telah melupakan masalah tersebutdi belakangnya. Keputusan tidak mempengaruhi kehadiran artikel secara nyata di internet.

Pengadilan menambahkan bahwa penilaian tentang keluhan lain akan perlu untuk menyeimbangkan “sensitivitas untuk kehidupan pribadi subjek data itu [melawan] kepentingan publik dalam memiliki informasi”.

Komisi Eropa kemudian menjelaskan bahwa mesin pencari harus menghapus informasi jika mereka telah menerima permintaan dari orang yang terkena hasilnya dan telah menilai bahwa itu memenuhi kriteria pengadilan untuk melakukan penghapusan. Dalam kasus di mana mesin pencari memutuskan untuk tidak menghapus link, orang yang terlibat dapat membawa masalah tersebut dapat melaporkannya ke pengawas data lokal atau pengadilan.

Sejak itu, Google telah menerima lebih dari 174.000 permintaan penghapusan lebih dari 602.000 link. Perusahaan mengatakan telah dihapus 41,5% dari link yang telah diajukan dan meninggalkan 58,5% dari mereka karena tidak memenuhi persyaratan.

Contohnya termasuk penghapusan Google tentang halaman web tentang pembunuhan yang menyebutkan nama janda korban, dan penolakannya untuk menghapus link ke artikel terbaru tentang penangkapan seorang pria untuk kejahatan keuangan yang diinginkan tersangka untuk dihapus. (rizal)

CATEGORIES
TAGS