Gubernur Jateng Terpilih akan Pangkas Belanja Rutin


Laporan : Redaksi

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Gubernur Jawa Tengah Terpilih, Ganjar Pranowo akan memangkas belanja rutin melalui pemaksimalan penggunaan Teknologi Informasi seperti teleconference dan email. Menurutnya, pengunaan IT, akan memangkas belanja rutin secara signifikan.

“Untuk rapat, bupati dan walikota tak perlu meninggalkan kabupaten/kotanya. Cukup dengan teleconference. Surat menyurat tak perlu di cetak, karena nanti dikoreksi, dicoret, ganti lagi, boros kertas. Lebih baik by email. Ini akan sangat menghemat biaya ATK, transportasi, BBM, akomodasi penginapan, SPPD, dll sampai snack rapat dan makan peserta rapat,” tegasnya usai membuka Seminar Kesehatan di Purbalingga, Sabtu pekan lalu.

Menurut Ganjar seorang teman di Microsoft Indonesia siap mendukung dalam memaksimalkan penggunaan IT dalam pemerintahan di Jateng. Ketika ditanya berapa rupiah yang akan dihemat dengan pemaksimalan IT ini, Ganjar mengaku belum menghitungnya. Tapi dia optimis pasti akan sangat menghemat pos belanja rutin. Hasil penghematan belanja rutin ini sebagian besar akan dimasukkan dalam belanja pembangunan.“Ada juga yang akan kita berikan untuk kesejahteraan PNS melalui Tunjangan Kerja Daerah (TKD) yang sudah diterapkan di Jakarta,” janji Ganjar.

Penghematan belanja rutin dan peningkatan kesejahteraan PNS, menurut Ganjar diharapkan bisa menekan praktek korupsi di birokrasi yang memanfaatkan belanja rutin. Sebagai contoh penyalahgunaan SPPD, akomodasi penginapan, makan dan BBM untuk dinas luar dan rapat. (joko suharyanto)

Berita Terkait

Komentar

Komentar