Harga Elpiji 3 Kg Tidak Naik

Loading

190222_08320020102014_Gas_E

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan, harga elpiji tabung tiga kilogram tetap atau tidak akan naik menyusul isu kelangkaan komoditas tersebut di beberapa daerah. Ia mengatakan di Jakarta, Kamis (26/2/2015) malam, kalau ada yang berpandangan atau punya spekulasi akan naik harga elpiji tiga kilogram itu tidak benar.

Menurut Menteri ESDM, sebagaimana dikutip dari laman Setkab, Jumat (27/2) pagi, pemerintah tidak akan menaikkan harga elpiji tiga kg, karena komoditas itu sudah ditetapkan oleh pemerintah, Komisi VII DPR, dan Badan Anggaran, sebagai komoditas bersubsidi dan diperuntukkan bagi masyarakat kecil. “Elpiji tiga kg adalah haknya masyarakat bawah, jadi kami mengimbau masyarakat mampu agar memperuntukkan elpiji tersebut kepada yang berhak,” ujarnya.

Dikemukakan, untuk mengatasi kesulitan elpiji, Pertamina bekerja sama dengan Dirjen Migas, telah melakukan operasi pasar besar-besaran guna memastikan ketersediaan elpiji tiga kilogram aman. Dari operasi pasar itu, tidak ditemukan lonjakan permintaan dan dipastikan stok elpiji nasional aman.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja mengatakan, selain menggelar operasi pasar, Pertamina sudah menambah pasokan di sembilan lokasi yang terindikasi kesulitan elpiji tiga kg, yaitu Binjai, Subang, Sumedang, Depok, Bogor, Bekasi, Jepara, Kedingtinggi, dan Karet (Jakarta). “Penambahan pasokan kita lakukan dengan cepat, ketika tanggal 24 Februari ada laporan kelangkaan, tanggal 25 kami langsung menambah pasokan,” katanya. (ril/ender)

CATEGORIES
TAGS