Hueebat… Pelajar Indonesia meraih Medali Emas Lomba Sain Internasional

Loading

200115-RAGAM-1

SEMARANG, (tubasmedia.com) – Hueebat…Lima murid SMP di Kota Semarang, Jawa Tengah yang mewakili Indonesia dalam lomba sains internasional di Korea baru-baru ini, berhasil menyabet tiga medali emas, satu medali perak, satu medali perunggu, dan special award “Da Vinci Science Prize”.

Kegiatan The 6th Asean+3 Teacher Workshop & Student Science Camp di Changwon City digelar 11-18 Januari 2015. Siswa yang hebat –hebat itu Bthari Prahita Putri Firmandjaja dari SMPN 5 Semarang, Muhammad Zinedine Alam Ganjar dan Radya Wafi Adyatma dari SMPN 2 Semarang.

Peraih medali perak Putra Dluha Rochmatullah, peraih medali perunggu Yuniarhiza Srikandi Fiandini. Keduanya siswa SMPN 2 Semarang. Radya Wafi Adyatma mendapat penghargaan best student “Da Vinci Science Prize” dan mendapatkan beasiswa penuh di universitas di seluruh negara ASEAN+3 Centre for The Gifted in Science (ACGS).

Siswa-siswa dari berbagai negara yang mengikuti student science camp dibagi dalam kelompok dengan anggota dari negara-negara lain. Mereka kemudian mempresentasikan gagasan kelompok dengan konsep The Green, Smart Home yang ilmunya diberikkan selama kegiatan di camp tersebut.

Peraih medali emas Bthari bersama kelompoknya membuat persentasi tentang rumah pintar yang bisa menyesuaikan suhu udara secara otomatis menggunakan sensor sehingga lebih nyaman dan hemat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan ACGS dan merupakan event ke-6 yang diikuti peserta dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Taiwan, China, Laos, dan Korea Selatan. Indonesia mengirimkan dua tim dari Jawa Tengah dan Jakarta yang memperoleh 3 medali perunggu dan 2 medali perak. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS