Indonesia bakal Jadi Tuan Rumah Moto GP 2017 ?

Loading

pembalap-motogp

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Indonesia menjadi pilihan tuan rumah Moto GP 2017 dan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, diproyeksikan sebagai tempat penyelenggaraan even intrernasional itu.

Peluang itu terbuka setelah CEO Dorna SL, Carmelo Ezpelata, datang ke Jakarta untuk menanyakan ketertarikan Indonesia menjadi tuan rumah. “Pengembangan MotoGP di Indonesia sangat penting. Bukan cuma untuk pebalap, melainkan juga pabrikan motor,” kata Ezpelata di Gedung Sapta Pesona, Rabu (20/5/2015).

Menpar Arief Yahya menangkap ada potensi keuntungan besar dari penyelenggaraan MotoGP di Indonesia. “Menurut perhitungan dalam empat hari MotoGP, akan ada pengeluaran sekitar 91,73 juta dollar AS atau setara Rp 1,4 triliun,” ujarnya.

Direktur Sirkuit Internasional Sentul Tinton Suprapto berjanji dalam kurun waktu sebulan bakal merancang program agar Sirkuit Sentul memenuhi syarat. “Jika Sentul sudah menjadi grade A, semua kejuaraan internasional bisa digelar di sini,” katanya.

Pada 1996 dan 1997, Sirkuit Sentul sudah pernah jadi tuan rumah Grand Prix. Mick Doohan (Australia) dan Tadayuki Okada (Jepang) jadi juara saat itu untuk kelas 500 cc.

Pemimpin klasemen sementara Moto GP 2015, Valentino Rossi, juga pernah merasakan balapan di Sentul. Dia memulai karier balap pada 1996 di kelas 125 cc, dan finis pada posisi ke-11 di Sentul. Tahun berikutnya, dia finis pada posisi pertama. (edi s)

CATEGORIES
TAGS