Indonesia-Cina Sepakat Kembangkan Maritim

Loading

Presiden RI Joko Widodo bersalaman dengan Presiden Cina Xi Jinping di acara APEC, Beijing.

Presiden RI Joko Widodo bersalaman dengan Presiden Cina Xi Jinping di acara APEC, Beijing.

BEIJING, (tubasmedia.com) – Indonesia dan Cina sepakat meningkatkan kerjasama di bidang maritim dan infrastruktur. Kesepakatan itu dibuat saat Presiden Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping bertemu di Beijing menjelang pelaksanan pertemuan APEC yang dibuka Senin (10/11).

Kantor berita Xinhua melaporkan Joko Widodo berharap kepada Xi Jinping agar Cina terus meningkatkan kerja sama dengan prioritas maritim dan infrastruktur.

Program Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia menjadi kekuatan maritim dan inisiatif Presiden Cina Xi Jinping mengenai Maritime Silk Road abad ke-21 sangat sesuai dan sejalan, demikian dikatakan Xi.

“Kita bisa membiarkan strategi kedua pembangunan berinteraksi satu sama lain, mendorong kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur, pertanian, keuangan dan tenaga nuklir, dan sepenuhnya memanfaatkan mekanisme terkait untuk memajukan kerjasama maritim dan dirgantara,” kata Xi.

Jubir Kemenlu Michael Tene menambahkan dalam pertemuan APEC, Indonesia akan mendorong agar kelautan menjadi salah satu isu utama pembahasan dalam berbagai kerja sama. Setelah menghadiri pertemuan APEC, Joko Widodo akan menghadiri pertemuan puncak ASEAN di Myanmar dan pertemuan G-20 di Australia. (sis)

CATEGORIES
TAGS