Industri Semen Nasional masih Dikuasai Swasta dan Asing

Loading

Semen

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Hingga saat ini, industri semen nasional masih dikuasai swasta dan asing. Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), Agung Wiharto menyatakan, perusahaan swasta dan asing menguasai 56 % kapasitas produksi semen nasional. Sedangkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih hanya sebatas menguasai 44 % kapasitas produksi.

Menurut Agung, ruang gerak perusahaan swasta dan asing itu akan semakin mendominasi jika nantinya Indocement milik Heidelberg Cement mengoperasikan pabrik semennya di Kalimantan.

Saat ini, perusahaan semen dengan produksi terbesar dimiliki Lafarge Cement Company asal Prancis, dengan kapasitas produksi mencapai 250 juta ton. “Posisi kedua Unicorn Cement. Ketiga adalah Heidelberg Cement yang berpusat di Jerman dengan produksi sebanyak 78 juta ton,” ujarnya.

Sementara Semen Indonesia, saat ini masih menjadi perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara (Asean). Perseroan telah memproduksi semen di Gresik, Padang dan Tonasa juga ada Semen Baturaja yang milik BUMN sedangkan semen Bosowa dan semen Kupang milik swasta nasional. (marto tobing)

CATEGORIES
TAGS