Ini Produk-Produk Laku Pandai Diresmikan OJK

Loading

muliaman-hadad

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memulai program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yang rencana penyelenggaraannya pada tahun ini telah diajukan oleh 17 bank.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menjelaskan, program Laku Pandai ini diharapkan dapat mendukung program keuangan inklusif sesuai dengan tujuan Pemerintah Indonesia yang dicanangkan dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) pada bulan Juni 2012. “Laku Pandai akan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat terjangkau layanan keuangan saat ini,” kata Muliaman, Kamis (26/3/15).

Berikut produk-produk yang disediakan Laku Pandai :

1. Tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA).

2. Kredit/Pembiayaan kepada Nasabah Mikro.

3. Produk keuangan lainnya seperti Asuransi Mikro.

Tabungan yang memiliki karakteristik BSA antara lain:

1. Tanpa batas minimum baik untuk saldo maupun transaksi setor tunai

2. Batas maksimum saldo dan transaksi pendebetan rekening (a.l. tarik tunai) yang ditetapkan oleh Bank namun kedua batas tersebut tidak boleh melebihi batas yang ditetapkan di Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), yaitu untuk saldo setiap saat maksimum Rp20juta dan untuk transaksi debet kumulatif selama sebulan maksimum Rp5juta).

3. Tanpa biaya administrasi bulanan dan tidak dikenakan biaya untuk pembukaan dan penutupan rekening, dan transaksi pengkreditan rekening (a.l.setor tunai).

Dengan tabungan berkarakteristik BSA itu maka:

1. Masyarakat dapat menyimpan uangnya di bank tanpa khawatir saldo tabungannya berkurang karena biaya administrasi rekening bahkan tetap memperoleh bunga tabungan dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Masyarakat dapat melakukan transaksi tanpa harus ke lokasi kantor bank, melainkan cukup mengunjungi lokasi agen Laku Pandai yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

Program Laku Pandai akan mulai dijalankan oleh empat bank yaitu BRI di Jayapura pada 27 Maret 2015, Bank Mandiri di Gowa Sulawesi Selatan 28 Maret 2015, BTPN pada 30 Maret 2015 dan BCA di Grobogan Jawa Tengah pada 6 April 2015. (angga)

CATEGORIES
TAGS