Intensitas Hujan Menurun, Hati-Hati Demam Berdarah

Loading

index

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Akhir-akhir ini curah hujan di Wilayah DKI Jakarta mulai menurun. Oleh karena itu, masyarakat diingatkan agar rutin melakukan pembersihan sarang nyamuk guna mencegah terkena penyakit demam berdarah.

Menanggapi kondisi saat ini, Koesmedi selaku Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam konferensi pers Jambore Jumantik Cilik 2015 di Balaikota DKI Jakarta beberapa waktu lalu menyatakan, saat ini merupakan waktu berbahaya bagi DKI Jakarta, karena masa hujan sudah mulai menurun dan masa kering ada. Biasanya ini menjadi penyebaran nyamuk yang tinggi.

Penyebab meningkatnya jumlah nyamuk demam berdarah dikarenakan pada saat musim kering akan ada genangan air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Sedangkan pada musim hujan, jentik akan mengalir terbawa air lalu hilang dan mati.

“Renacananya, akan dilakukan fogging (pengasapan) di beberapa wilayah di DKI Jakarta, guna mencegah munculmya demam berdarah.” tutur Koesmedi.

Masyarakat wilayah DKI Jakarta diingatkan untuk melakukan pembersihan sarang nyamuk di sekitar rumahnya tiga hari sekali. Koesmedi mengatakan, air menggenang itu harus dihilangkan, tumpukan sampah yang membuat air menggenang dihilangkan, baju-baju gantung dipindahkan, kamar pengap dibuka. Dan, lanjut Koesmedi, jangan lupa cek dispenser sebab terkadang di tempat penampungan air ada jentik nyamuk.(rika)

 

CATEGORIES
TAGS