ITDC Bangun Hotel di KEK Mandalika

Loading

181214-EKBIS-2

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pimpinan Proyek Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Indah Juanita mengatakan hingga semester pertama 2015 mendatang sejumlah proyek pembangunan dipastikan terus berjalan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Proyek-proyek tersebut di antaranya, pembangunan satu hotel milik ITDC dan satu hotel dari investor swasta. Berikutnya adalah pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan, utilitas, dan yang lainnya.

“Diperkirakan, anggaran untuk pembangunan setiap hotel senilai Rp 250 miliar, sehingga untuk membangun hotel saja akan terserap dana sebesar Rp 500 miliar. Sedangkan anggaran pembangunan infrastruktur sekitar Rp 100 miliar. Jadi kami perkirakan, hingga semester I-2015, akan terserap dana sebesar Rp 600 miliar di KEK Mandalika,” kata Indah, Kamis (18/12/14).

Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto mengungkapkan beberapa peranan Gubernur NTB yang sangat diharapkan. Pertama, upaya percepatan pembentukan administrator. Karena administrator nantinya akan bertugas memberikan pelayanan perijinan terpadu di kawasan KEK.
“Peran Administrator nantinya sangat penting. Karena seluruh proses perijinan yang dibutuhkan investor ada di dalam kewenangan Administrator. Dan tidak perlu lagi melalui pemerintah pusat,” jelas Enoh.

Kedua, mengalokasikan pembiayaan untuk Sekretariat Dewan Kawasan. Termasuk untuk menyediakan tenaga Administrator yang akan bertugas nantinya di Dewan Kawasan.”Kami berharap, agar KEK Mandalika bisa menjadi role model bagi KEK lainnya di seluruh Indonesia,” papar Enoh. (angga)

CATEGORIES
TAGS