Jakarta Bebas Banjir 30 Tahun jika Punya Tanggul Kuat

Loading

tanggul

JAKARTA, (tubasmedia.com) –  Jakarta baru bisa terbebaskan dari banjir selama 30 tahun dengan syarat jika punya tanggul yang kuat. Kemudian, langkah itu juga harus ditunjang dengan waduk dan pompa yang berfungsi optimal sehingga ketinggian air lebih mudah dikendalikan. Sebab, masalah banjir di Jakarta tidak hanya karena hujan, tetapi juga air rob.

Paparan itu dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menanggapi pers y6ang mencegatnya sesaat panggilan akrab Ahok itu memasuki ruangan kerjanya, Rabu (11/2/15) di Balai Kota Pemda DKI Jakarta.

Jadi tandas Ahok, sepanjang 54 kilometer di wilayah Utara tanggulnya harus diperkuat. Kalau tanggul diperkuat, ada waduk, ada pompa, Jakarta aman. “Sampai 30 tahun pun masih oke (bebas banjir),” lanjutnya meyakinkan.

Strategi Ahok, kini Pemprov DKI sedang mendesak pihak swasta untuk mereklamasi pulau di Pantai Indah Kapuk (PIK). Pihak swasta itu memiliki kewajiban untuk membangun waduk seluas 90 hektar, lengkap dengan pompa di dekat Tol Kapuk. Dengan demikian, lanjutnya,, wilayah Kapuk dan Kamal dapat terbebas dari banjir.

Untuk menanggulangi banjir yang ada di Jakarta ini, Ahok mengaku butuh waktu untuk menyelesaikannya. Selain memperkuat tanggul dan mengoptimalkan pompa, pihaknya juga harus membeli banyak lahan.

Dia menjelaskan, harga lahan di Marunda pada tahun 1970 sangat terjangkau. Sementara itu, saat ini, warga di wilayah tersebut baru mau menyerahkan lahannya ke DKI dengan harga yang tinggi dan dipaksa. (marto tobing)

CATEGORIES
TAGS