Jika Tak Bekerja Sesuai Tugas, Kita PerluTakut

Loading

021214-NASIONAL-17

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengamat politik dan lingkungan, Sahat Marojahan Doloksaribu, berpendapat, selama pejabat menggunakan anggaran negara sesuai peraturan, maka yang bersangkutan tidak perlu takut terjerat korupsi. Yang perlu ditakuti seorang pejabat, jika tidak bekerja sesuai dengan tugasnya.

Hal itu dikemukakannya menjawab pertanyaan tubasmedia.com di Jakarta, Selasa (2/12/2014), sehubungan dengan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla agar pejabat jangan takut melaksanakan kebijakan karena takut dituduh korupsi, yang disampaikan pada acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2014 di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa.

Menurut Sahat, aturan main untuk melaksanakan kebijakan yang terkait dengan penggunaan anggaran setiap saat dapat dipelajari di Bagian Hukum instansi yang bersangkutan. Jadi, sesungguhnya tidak ada alasan untuk takut, apalagi sepanjang tetap mengikuti ketentuan.

Dikemukakan, pejabat yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan proyek, sejauh tidak menyentuh langsung transaksi uang, pasti tidak akan terkena korupsi. Tapi, mungkin melakukan kesalahan, karena tidak kapabel atau kurang profesional, atau bisa juga keadaan memaksa. “Kalau itu yang terjadi si pejabat tentu harus konsultasi dengan atasannya,” katanya. (ender)

CATEGORIES
TAGS