Kabupaten Garut Benahi Potensi Daerah

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GARUT, (Tubas) – Pemerintahan Kabupaten Garut terus membenahi potensi berbasis pelayanan publik. Langkah strategis diupayakan untuk memperkuat insfrastruktur terhadap akses pengembangan ekonomi. Dalam upaya mewujudkan pembangunan tersebut, dirumuskan 26 prioritas pembangunan yakni, peningkatan kualitas pendidikan pada penuntasan wajar dikdas 9 tahun dan pancanang wajar 12 tahun, peningkatan semua jenjang pada jalur pendidikan, pemberdayaan pemuda dan peningkatan prestasi olahraga serta partisipasi sekolah menengah kejuruan.

Paparan itu disampaikan Bupati Garut Aceng H.M. Fikri. S.Ag dalam perbincangan dengan tubasmedia.com belum lama ini di kantornya. Dalam peningkatan kualitas kesehatan yang akan diprioritaskan adalah pemantapan kualitas tenaga dan pengadaan fasilitas. Dalam melakukan pelayanan kesehatan masyarakat dilakukan intensifikasi penyuluhan, pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. Sedangkan untuk peningkatan sosial ekonomi masyarakat diprioritaskan pada peningkatan daya belinya.

Menurut Aceng, isu lain yang menjadi prioritas pembangunan adalah peningkatan daya saing usaha dan nilai tambah produk lokal, diprioritaskan pada pembangunan pusat informasi potensi, produksi dan pasar termasuk peningkatan nilai tambah dan daya saing produk lokal. Di sektor pariwisata adalah pengembangan budaya daerah serta menggali potensi wisata.

Adapun di bidang lingkungan, Pemkab Garut melalui isu peningkatan kualitas lingkungan dan penanganan bencana (PKLPB), akan diprioritaskan pada pengurangan risiko bencana, percepatan penanganan korban manusia dan penanggulangan akibat bencana serta pelestarian dan perluasan kawasan lindung. (sighar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar