Kata Menkeu, Rupiah dan IHSG Kembali Normal

Loading

rupiah

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kondisi perekonomian Indonesia kembali normal. Itu terlihat dari nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang kembali menguat.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan, dolar sudah di Rp 12.500. Kemudian, IHSG kembali kuat di atas 5.100. Untuk SUN (Surat Utang Negara) yang sempat 8,5 persen dan sudah turun ke 8,2 persen. “Kondisi sudah mendekati normal,” kata Bambang di depan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Gedung Permata, Jakarta, Jumat (19/12).

Seperti diketahui, belum lama ini, rupiah dan IHSG melemah cukup dalam. Rupiah hampir menembus level Rp 13.000 per dolar, sedang IHSG hampir meninggalkan batas 5.000 poin. Menurut Menkeu, kondisi ekonomi sekarang berbeda dari beberapa tahun lalu. Ekonomi masing-masing negara sudah terintegrasi, sehingga bila ada gejolak di satu negara pasti berdampak pada negara lain.

Gejolak ekonomi tidak hanya di Indonesia. India juga mengalami pelemahan nilai tukar dan indeks saham, walaupun tidak terlalu dalam. (sabar)

CATEGORIES
TAGS