Kemenperin Laksanakan Tes Kompetensi Dasar CPNS di 8 Kota Besar

Loading

Seleksi CPNS Kemenperin

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaksanakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 selama dua hari tanggal 7 – 8 Oktober 2014. Ujian TKD itu diikuti 738 orang dan diadakan di 8 kota besar.

Delapan kota tersebut adalah Jakarta (316 orang), Bandung (125 orang), Yogyakarta (109 orang), Padang (75 orang), Surabaya (69 orang), Makasar (26 orang), Bandar Lampung (14 orang), dan Pontianak (4 orang).

TKD merupakan salah satu tahapan rekrutmen CPNS Kemenperin untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 147 formasi yang terdiri dari 42 jabatan dengan kualifikasi pendidikan: S2 (19 orang), D.IV/S1 (96), D.III (22), dan SMK (10). Pelaksanaan TKD memanfaatkan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang dilakukan secara mandiri pada unit kerja di lingkungan Kemenperin dengan tetap menggunakan soal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Pusdiklat Industri Mujiyono mengatakan, pelaksanaan TKD menjadi bagian dari proses rekrutmen yang harus diikuti CPNS karena untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dimiliki para pelamar. Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi. Sementara itu, peserta TKD adalah mereka yang dinyatakan lulus dari tes potensi khusus (ujian online), yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selanjutnya, mereka yang nanti dinyatakan lulus pada tahap TKD akan mengikuti tahapan selanjutnya, Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Kapusdiklat juga menegaskan, pelaksanaan ujian CPNS melalui sistem komputerisasi dapat lebih efektif dengan tetap mejaga transparansi. “Prinsipnya kami ingin mencari CPNS yang kompeten, berkualitas, dan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan masing-masing unit kerja di lingkungan Kemenperin. Salah satu caranya adalah melalui sistem CAT, karena akan lebih cepat, efektif, dan transparan. Misalnya nilai TKD peserta akan terlihat pada hari ini juga”. (sabar)

CATEGORIES
TAGS