Kenapa Bangunan PG Glenmore Mangkrak ?

Loading

181214-INDUSTRI-2

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Bangungan proyek spektakuler untuk mendukung pencapaian swasembada gula melalui pembangunan Pabrik Gula Glenmore di Banyuwangi kini mangkrak (terbengkalai).

“Warisan mantan menteri Dahlan Iskan itu tidak dapat ditangkap dan diteruskan oleh Meneg BUMN yang baru,” kata anggota Komisi IV DPR, Ma’mur Hasanuddin dalam pernyataan tertulis kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Menurut Ma’mur pabrik itu direncanakan memiliki kapasitas produksi 8 ribu ton per hari. Dengan kapasitas tersebut apabila masa giling 150 hari per tahun, maka diperlukan tebu sebanyak 900 ribu ton hingga 1,2 juta ton, atau sebanding dengan luas tanam seluas 9 ribu hingga 10 ribu hektar.

“Pembangunan pabrik ini selain kapasitas yang besar juga akan meningkatkan efisiensi dibandingkan pabrik-pabrik lain yang usianya sangat tua karena dibangun sejak zaman penjajahan Belanda,” kata anggota Fraksi PKS ini.

Pabrik gula glenmore yang pembangunannya dimulaia Desember 2012 dan ditargetkan selesai Juni 2015, tidak memperhitungkan akan terjadi suksesi kepemimpinan nasional yang juga akan merubah kepemimpinan di kementerian BUMN.”Ketika menteri BUMN berganti, belum tentu sepemikiran sama dengan menteri yang lama,” katanya (edi s)

CATEGORIES
TAGS