Kenapa Hanya Tiga yang Ditenggelamkan, Padahal ada 5.400 Kapal yang Mencuri

Loading

101214-MARITIM-1

YOGYAKARTA, (tubasmedia .com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ada tambahan kapal asing yang ditenggelamkan karena mencuri ikan di perairan Indonesia. Hal itu untuk menunjukkan Indonesia berdaulat.

“Kami harus tegas mengatasi hal ini (pencurian ikan),” kata Jokowi saat memberikan kuliah umum di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (9/12).

Menurut Jokowi laporan KKP ada 5.400 kapal asing yang beredar secara illegal di perairan Indonesia. Akibatnya Rp 300 triliun potensi kekayaan sumber daya kelautan Indonesia hilang. Jokowi mempertanyakan mengapa baru tiga kapal asing pencuri ikan yang ditenggelamkan, padahal jumlahnya ada 5.400 kapal.

Presiden Jokowi minta TNI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak ragu menindak tegas kapal-kapal asing pencujri iklan. Sebab kebijakan penenggelaman kapal itu memiliki dasar hukum, perundang-undangan yang jelas.Penindakan tegas terhadap kapal pencuri ikan di perairan Indonesia, bukan masuk konteks persoalan hubungan negara, melainkan masuk ranah kriminal. (edi.s)

CATEGORIES
TAGS