Kewiraan Rela Berkorban demi Bangsa dan Negara

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Karnaval Prajurit Tradisional Nusantara (KPTN) dalam rangka Pekan Wira Budaya (PWB) 2011 yang diadakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan wahana yang positif pada aspek kewiraan untuk memupuk dan menumbuh kembangkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme serta perjuangan bangsa dengan pendekatan yang bersifat rekreatif dan edukatif.

“Kegiatan yang baik ini harus kita pelihara dan laksanakan karena sesungguhnya ada satu kebutuhan yang harus kita ambil bersama yaitu menyegarkan kembali hakikat nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kewiraan yang mengandung makna berani dan rela berkorban demi bangsa dan Negara,” kata Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Waris, mewakili Panglima TNI membuka acara Karnaval Keprajuritan Nusantara Tahun 2011 di Gedung Sasono Utomo TMII, Senin.

Kepala Bidang Humas TMII Suryandoro menjelaskan, pergelaran ini merupakan gagasan untuk memupuk rasa patriotisme agar masyarakat sadar akan pentingnya jiwa patriotisme. Pergelaran tersebut diikuti antara lain oleh 16 anjungan daerah di TMII dari seluruh 33 provinsi di Indonesia, masing-masing diperkuat sekitar 50 prajurit.

“Ini untuk memamerkan kebudayaan daerahnya masing-masing yang berkaitan dengan nilai keprajuritan dan memperebutkan piala tetap dari Kementerian Dalam Negeri dan Piala Bergilir dari Panglima TNI,” ujarnya di tengah acara PWB di Plaza Tugu Api Pancasila, TMII.

Kegiatan ini sudah memasuki penyelenggaraan ke-24, sejak tahun 1987. Tahun 2011 ini, KPTN ini juga dimaksudkan untuk menyambut HUT ke-64 TNI dan peringatan Hari Pahlawan 10 November. Acara tersebut juga dihadiri, Direktur Umum TMII Bambang Parikesit dan Sri Mulyani dari Yayasan Harapan Kita.

Dikatakan, acara PWB akan digelar sejak 23 Oktober 2011 hingga 13 November 2011 mendatang. “Diharapkan dapat menyedot hingga 50.000 pengunjung selama tiga pekan,” harapnya. Menurut Suryandoro, acara PWB diawali dengan kegiatan Sinopsis Karnaval Keprajuritan Nusantara yang merupakan salah satu acara unggulan. Pergelaran itu memvisualisasikan perjuangan pahlawan nasional dari 15 provinsi mulai dari Banten, Gorontalo sampai Papua Barat. Tiap-tiap provinsi menyuguhkan atraksi sesuai dengan daerah masing-masing. (audy)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS