KIH di Atas Angin ?

Loading

091214-NASIONAL-4

JAKARTA , (tubasmedia.com) – Koalisi Indonesia Hebat (KIH) berada di atas angin. Dua pentolan Koalisi Merah Putih (KMP) Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai merapat dalam pembahasan Perppu Pilkada langsung.

“Sekarang posisi KIH di atas angin, PDIP harus bisa lugas menangkap kegundahan Partai Demokrat,” kata pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, Selasa (12/9/2019).Menurut Henderi PDIP harus lebih luwes jika ingin kerjasama dengan PD berlanjut ke depan. Kalau PDIP sampai terlalu kaku bisa-bisa PD kembali menjauh.”Bila mereka terlalu kaku, bisa jadi Partai Demokrat kembali ke KMP” katanya.Sinyal Partai Demokrat merapat ke KIH memang semakin jelas. Ketua Umum PD SBY merasa kecewa karena sejumlah parpol anggota KMP menolak Perppu pilkada langsung langsung dan mengarahkan PD berkomunikasi dengan KIH.

SBY langsung ke Istana Negara untuk bertemu dengan Jokowi dan JK secara bergantian. SBY tak menutupi salah satu pembicaraan menyangkut penyikapan Perppu pilkda langsung yang akan dibahas DPR pada Januari 2015 nanti.

Usai pertemuan tersebut di depan wartawan SBY tersenyum lebar. Dia menyatakan sikapnya sama dengan Presiden Jokowi.”100 persen sama,” kata SBY menjawab pertanyaan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Senin (9/12/2014).

Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa menegaskan sikap PAN menerima Perppu pilkada langsung. Wapres JK sudah menghitung kekuatan KIH plus PD dan PAN sudah dapat menggilas penolakan KMP. “Kalau masuk Demokrat, PAN, kira-kira sudah 70 persen. ” kata JK setelah bertemu dengan Ketum PD SBY di Istana Merdeka Jakarta, Senin (8/12/2014). (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS