KPA Cegah Penyebaran HIV-AIDS Di Kalangan Pekerja

Loading

Sosialisasi penyebaran HIV – AIDS untuk kalangan pekerja di Purbalingga

Sosialisasi penyebaran HIV – AIDS untuk kalangan pekerja di Purbalingga, Selasa (23/9).

PURBALINGGA (tubasmedia.com) – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Purbalingga berupaya mencegah penyebaran HIV-AIDS di kalangan pekerja dengan cara melakukan sosialisasi. Kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Purbalingga ini diikuti oleh perwakilan dari 60 perusahaan, perbankan dan BUMD di Purbalingga.

Ratusan pekerja yang mengikuti sosialisasi bersepakat untuk membantu KPA melakukan sosialisasi di lingkungan masing-masing dengan cara memperbanyak materi sosialisasi dan menyebarkannya. Setiap pekerja menggandakan materi sosialisasi senilai Rp 500 untuk disebarluaskan di kalangan mereka sendiri.

Salah seorang nara sumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Semedi, mengatakan bahwa dukungan masyarakat dalam mencegah penularan HIV-AIDS sangat dibutuhkan. Dengan menyisihkan Rp 500 untuk fotokopi materi sosialisasi dapat memberikan dukungan secara non formal kepada keluarga, teman sekerja dan masyarakat lingkungannya. Materi sosialisasi, dapat diberikan kepada teman atau ditempelkan di papan informasi yang ada di perusahaan.

“Harapan kami para peserta juga dapat membentuk kelompok peduli HIV-AIDS dan menjadi kader di lingkungannya,” kata Semedi, Selasa (23/9).

Sebelumnya, Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto, mengaku prihatin dengan penyebaran kasus HIV-AIDS di Purbalingga. Sejak tahun 2010 hingga September 2014 tercatat sebanyak 105 penderita HIV-AIDS. Bupati meminta, KPA memberikan edukasi kepada masyarakat menyangkut pengertian HIV-AIDS, cara penularannya, bahayanya dan seperti apa pencegahan dan penanggulangannya. (joko suharyanto)

CATEGORIES
TAGS