KPK Perlu Punya Badan Pengawas

Loading

komisi-pemberantasan-korups

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Presiden Joko Widodo dinilai sudah tepat. Hanya saja, pemerintah perlu segera melakukan seleksi pimpinan KPK secara definitif. “Untuk sementara tepat. Saya kira pemerintah segera membuat pansel baru untuk memilih dan mengocok orang2 baru,” kata advokat senior Adnan Buyung Nasution saat ditemui di kantor KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Kamis (6/3/2015).

Menurutnya, unsur pimpinan KPK ke depan haruslah diisi sosok-sosok muda yang mau belajar dari sejarah KPK selama ini. “Bagaimanapun juga KPK harus kita pertahankan, kita perkokoh. Tapi kita juga harus jaga ke depan jangan ada perbuatan yang sewenang-wenang,” beber Buyung.

Untuk itu, dalam menjaga kredibilitas dan independensi kinerja, KPK memerlukan adanya badan pengawas khusus. “Terobosannya harus ada badan pengawas, ikut menilai apakah benar penetapan tersangka sudah cukup bukti. Jangan tergantung pimpinan saja dan para penyidik. Perlu badan pengawas yang berintegritas,” pungkasnya.(nisa)

CATEGORIES
TAGS