Kurang, Promosi Pariwisata Purbalingga

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Pengamatan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga, Achmad Khotib, selama ini ragam objek wisata di Purbalingga tak kalah dengan daerah lainnya, namun kurang gencar pencitraan dan promosinya, katanya saat membuka Festival Anak Shaleh Indonesia di Purbalingga, Minggu pekan lalu.

Achmad menambahkan pada tahun 2013 nanti pihaknya akan fokus pada promosi dan pencitraan pariwisata. Kalau sekarang disibukkan dengan peningkatan kuantitas dan kualitas namun mengabaikan promosi dan pencitraan, dana yang dikeluarkan banyak tetapi tidak mendongkrak jumlah kunjungan.

Promosi dan pencitraan yang dimaksud baru akan direalisasikan pada perubahan anggaran tahun 2013, sekitar pertengahan tahun depan. Namun, sebelum itu terlaksana, pihaknya akan melakukan perencanaan hingga hal teknis, seperti desain dan konten media cetak hingga media cyber (website).

Mantan Kepala SMA Negeri 1 Purbalingga ini juga berencana menggairahkan minat para pelajar, utamanya yang sekolah di RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) untuk menjadi pemandu wisata. Dengan demikian, promosi dan pencitraan ke luar negeri tidak akan menemukan masalah.

“Tapi ini jangka panjang. Untuk menyerap wisatawan dari mancanegara harus dirumuskan nilai jual apa yang laku atau menumbuhkan minat wisatawan asing ke Purbalingga. Harus unik dan tidak didapat di negara lain,” jelasnya. (joko suharyanto)

TAGS