Lampung Barat Menuju Swasembada Daging 2014

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

LIWA, (Tubas) – Program swasembada daging sapi dan kerbau merupakan salah satu program prioritas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Barat (Lambar) dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan hewani asal ternak, khususnya sapi dan kerbau.

Program ini berdampak positif bagi ekonomi masyarakat Lambar, seperti meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan peternak, penyerapan tambahan tenaga kerja baru, optimalisasi pemanfaatan potensi ternak sapi dan kerbau lokal, serta meningkatnya penyediaan daging sapi dan kerbau yang aman, sehat dan halal bagi masyarakat Lampung Barat.

Dalam upaya pencapaian program tersebut, Kabupaten Lampung Barat telah membentuk Unit Manajemen Program Swasembada Daging Sapi Tahun 2011 dengan Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor : B/387/KPTS/II.11/2011 tanggal 23 Juni 2011.

Tugas tim ini menyiapkan rumusan langkah-langkah kebijakan, rencana strategis dan petunjuk teknis untuk membantu memenuhi kebutuhan nasional, merumuskan langkah-langkah strategis dalam rangka percepatan pencapaian, mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan peningkatan populasi, produksi dan produktivitas sapi antarinstansi terkait dan pelaku usaha di Kabupaten Lambar.

Menyosialisasikan langkah-langkah operasional pencapaian kecukupan daging sapi kepada aparatur tekait, melaksanakan pemantauan, supervisi dan evaluasi kegiatan, melaksanakan pemberantasan dan pengobatan penyakit menular ternak, melarang pemotongan ternak sapi produktif, dan melaksanakan pembinaan pemeliharaan ternak sapi di wilayah Lampung Barat. (agustiawan)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS