Masyarakat Desa Sambut Program RIS


Laporan: Redaksi

Ilustrasi

OKI, (TubasMedia.Com) – Masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di pedesaan dalam sejumlah kecamatan, menyambut gembira program Rural Infrastruktur Support (RIS) PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) dan Program Pengembangan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) yang dikucurkan pemerintah pusat ke seluruh desa di Indonesia. Di Kabupaten OKI yang tercatat pada tahun 2012 sebanyak 54 desa yang menerima program tersebut.

Adapun perinciannya 20 desa mendapatt RIS PNPM yang terdapat di dua kecamatan yakni Pampangan dan Mesuji Raya. Sementara untuk PPIP ada 34 desa yang mendapat tersebar di delapan kecamatan, yakni Sirah Pulau Padang, Sungai Menang, Pangkalan Lampam, Tanjung Lubuk, Kota Kayuagung, Teluk Gelam, Pampangan, dan Jejawi. Dengan dana anggaran masing-masing menerima Rp 250 per desa, untuk tiga kali pencairan selama setahun.

Menurut Madani, Kuasa Pengguna Anggaran, didampingi Amir, PPTK program tersebut, saat ditemui tubasmedia.com di ruang kerjanya, belum lama ini mengatakan, jenis kegiatan dari kedua program tersebut adalah pembangunan fisik untuk infrastruktur di pedesaan yang dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat setempat, misalnya untuk pembangunan jalan desa untuk mengangkut hasil pertanian warga, jembatan dan lain sebagainya.

Teknis pelaksanaan program ini sendiri, tambah Amir, langsung dikerjakan oleh OMS yakni masyarakat sendiri. Dinas PU Cipta Karya hanya bertugas sebagai monitoring kegiatan. Pencaiaran dananya juga langsung ke rekening OMS. “Jadi kami di sini tidak memegang uangnya,” kata Amir.

Menurut Amir, berdasarkan hasil monitoring di lapangan, sejauh ini pengerjaan kedua kegiatan tersebut berjalan sesuai aturan. Tidak ada pelaksanaannya yang menyalahi aturan. Dalam hal ini dia meminta kepada masyarakat untuk bisa bekerjasama bila ditemui permasalahan dalam pelaksanaan proyek tersebut. “Bila ada temuan yang diduga menyalahi aturan, bisa laporkan ke kami, biar kami tindak OMS-nya,” pintanya.

Amir menilai melalui proogram ini masyarakat sangat terbantu , khususnya dalam peningkatan pembangunan infrastruktur di pedesaan. Masih banyak desa di Kabupaten OKI yang minim pembangunan infrastruktur. Oleh karena itu, diharapkan program ini terus berlanjut, sehingga bisa dirasakan oleh desa-desa lain yang belum mendapat bantuan program ini.

Selain kedua proyek tersebut masyarakat juga mendapat bantuan Sinimas (Sanitasi Masyarakat). Program ini bertujuan untuk membantu pengadaan air bersih bagi masyarakat. Melalui program ini ada tujuh desa yang mendapat yakni Sirah Pulau Padang, Srigeni, Sukaraja, Pantai, Sungai Bungin, Bungin Tinggi, dan Pulau Gemantung.

Ariyani, salah seorang warga masyarakat Kecamatan Kota Kayuagung, mengucapkan terima kasih atas bantuan program RIS PNPM dan PPIP di Kabupaten OKI, oleh pemerintah pusat. Dia berharap program ini kedepannya terus berlanjut demi peningkatan taraf hidup masyarakat, khususnya dalam pengembangan infrastruktur di pedesaan. (darman)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar