Mau Bangun Industri? Benahi Dulu Infrastruktur

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pembangunan infrastruktur saat ini menjadi hal yang jauh lebih penting daripada pengembangan kawasan industri. Seluruh daya dan upaya serta energy yang dimiliki harusnya ditumpahkan membangun infrastruktur. Kawasan industri tidak perlu dibangun, buat apa. Banyak yang kosong koq kawasan industri di Indoensia.

Demikian ditegaskan Direktur Utama PT Bukaka Teknik Utama Ahmad Kalla dalam acara Workshop Kebangkitan Industri Barang Modal Dalam Negeri di Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis 03/04.

“Daripada memikirkan kawasan industri lebih baik bangun infrastruktur dasar saja seperti jalan raya, jalan kereta api, gas, pelabuhan dan lain-lain. Semua pasti senang,” tegas Ahmad

Ahmad Kalla menilai pengembangan kawasan industri saat ini tidak relevan lagi karena tidak memiliki kegunaan yang signifikan. Menurut dia, lebih baik anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) digelontorkan untuk membangun infrastruktur.

“Untuk apa bangun kawasan industri lagi karena sudah tidak ada gunanya lagi. Dana perusahaan pemerintah juga jangan untuk bantuan ke sana ke sini, cukuplah buat membangun infrastruktur,” kata dia.

Dia juga menekankan bahwa proyek pembangunan infrastruktur seyogyanya tidak lagi terlalu mengandalkan kontraktor asing, cukup meningkatkan kemampuan sumber daya lokal untuk bisa belajar dan bermanfaat bagi perekonomian.

“Saya itu membangun PLTA tidak menggunakan kontraktor asing, dan seluruh engineer saya hanya mencontek dari buku saja, tapi semua bisa jadi. Ini namanya berpikir sederhana, melakukan yang sederhana saja namun maju,” kata dia.

Membicarakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri juga menurutnya tidak saat sekarang. Pasalnya, infrastruktur kita sangat memprihatinkan, lalu bagaimana caranya kita bisa meningakatkan penggunaan produk dalam negeri jika daya saingnya kalah dengan barang impor yang infrastruktur negaranya cukup bagus.

‘’Jika infrastruktur sudah bagus, yakin dan percaya, seluruh yang namanya industri pasti maju dan berkembang. Produk dalam negeri juga akan ikut terdongkrak. Jadi untuk mengembangkan industri, syaratnya hanya satu yakni benahi infrastruktur dan ini adalah tugas negara, tugas presiden, bukan tugas satu departemen,’’ katanya. (sabar)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS